Sabtu, 18 November 2017

Bahaya Batu Ginjal Bagi Tubuh

Bahaya batu ginjal perlu diketahui sejak dini agar Anda dapat menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ vital pada tubuh manusia yang tidak dapat digantikan fungsinya oleh organ tubuh lainnya. Ginjal berfungsi untuk menyaring racun dan limbah pada tubuh yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi lalu kemudian dikeluarkan melalui urin. Batu ginjal terbentuk dari endapan sisa-sisa limbah yang diproses oleh ginjal. Endapan tersebut mengkristal lalu membentuk butiran-butiran menyerupai batu. Batu-batu yang terbentuk akan menghambat laju pembuangan urin dan akan menyebabkan kemungkinan timbulnya penyakit lain yang lebih parah seperti komplikasi dan gagal ginjal. Untuk itu sangat perlu untuk mewaspadai bahaya batu ginjal bagi tubuh.

Gejala awal batu ginjal
Bagi orang yang menderita batu ginjal dengan ukuran batu yang kecil biasanya tidak akan merasakan gejala apapun. Karena batu yang berukuran kecil dapat dikeluarkan melalui ureter saat buang air kecil. Gejala baru akan dirasakan jika ukuran baru ginjal lebih besar dari diameter ureter. Ureter sendiri merupakan saluran yang menyambungkan antara ginjal dan saluran kemih. Ukuran batu yang besar akan bergesekan dengan dinding ureter dan akan menyebabkan luka bahkan infeksi. Luka atau infeksi pada dinding ureter akan menyebabkan urin akan sedikit bercampur darah saat buang air kecil.

Batu ginjal juga dapat tersangkut pada saluran ureter dan menyebabkan penumpukan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi bahkan pembengkakan. Hal itu menyebabkan orang yang menderita batu ginjal akan merasakan sakit saat buang air kecil. Pada intinya semakin besar ukuran batu ginjal akan semakin menimbulkan masalah yang besar juga pagi penderitanya. Orang dengan batu ginjal akan merasakan gejala sakit pada pinggang hingga pangkal paha. Jika sudah terjadi infeksi ginjal yang disebabkan oleh batu ginjal biasanya akan menimbulkan demam, meriang, mual dan perubahan warna urin menjadi keruh dan berbau.

Bahaya yang ditimbulkan
Jika terlambat diberikan penanganan atau terus menerus dibiarkan batu ginjal dapat menimbulkan bahaya yang lebih serius dan komplikasi bagi penderitanya. Bahaya yang dapat ditimbulkan diantaranya:
  1. Obstruksi atau komplikasi batu ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.
  2. Penyakit ginjal kronik atau yang sering disingkat PGK. PGK merupakan suatu keadaan dimana ginjal kehilangan fungsinya dan akan terus menerus menurun. Penderita penyakit ginjal kronik tidak dapat disembuhkan.
  3. Ukuran batu ginjal yang besar dan tidak segera dilakukan tindakan untuk dikeluarkan akan menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen.

Pengobatan batu ginjal dapat dilakukan dengan operasi pengeluaran batu ginjal. Akan tetapi jika batu ginjal berukuran kecil, dokter biasanya hanya menyarankan pasien untuk banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih diharapkan batu ginjal akan terdorong dan keluar bersama urin. Selain itu jika gejala yang ditimbulkan sangat mengganggu dokter juga akan memberikan obat pereda rasa sakit.



Pencegahan penyakit batu ginjal dapat dilakukan dengan banyak minum air putih dan menjaga asupan makanan atau minuman yang masuk ke tubuh. Air putih merupakan minuman yang paling baik dan memiliki fungsi untuk membantu detoksifikasi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk terus diminum. Usahakan untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas satu hari. Menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh juga penting guna mencegah zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal masuk. Hindari terlalu banyak meminum minuman suplemen. Anda harus menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari bahaya batu ginjal.


EmoticonEmoticon