Selasa, 04 Juli 2017

Ketahui Sejak Dini Jenis Penyakit Ginjal Dan Cari Tahu Penanganannya

Mengetahui jenis penyakit ginjal dan penanganannya penting dilakukan oleh siapa saja. Ada yang Tanya buat apa sih? Kalau sakit ya sakit saja. Saya sehat-sehat saja kok tidak ada keluhan sakit. Mendoakan supaya sakit ya? Aduh maaf loh bukan itu maksudnya. Zaman sekarang tentunya telah kita ketahui kalau teknologi sudah sangat canggih bahkan kita bisa mengetahui berbagai informasi yang kita butuhkan pada genggaman sendiri. Gadget telah mempermudah untuk mencari informasi baiknya gunakanlah dengan baik. Nah berangkat dari gadget kita bisa lebih aware atau peduli terhadap kesehatan kita. Khususnya pada kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk mengenal jenis penyakit ginjal dan cara penanganannya.

Jenis Penyakit Ginjal

Ginjal Adalah

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring metabolit pada tubuh, menjaga kestabilan cairan tubuh, dan bahan kimia ataupun racun yang ada di dalam tubuh manusia contohnya yaitu kalium atau produksi urin dan sodium. Penyakit ginjal adalah penyakit yang menunjukkan penurunan fungsi ginjal dalam bekerja bahkan pada akhirnya ginjal tidak dapat bekerja kembali sesuai fungsinya. Penyakit ginjal ini bisa terjadi pada siapa saja seperti seseorang yang sedang mengidap suatu penyakit dan dapat memberikan pengaruh terjadinya kerusakan pada ginjal atau biasanya juga sering terjadi pada orang dewasa dan lansia.

Apa Sih Penyebab Penyakit Ginjal?

Faktor yang utama pencetus penyakit ginjal yaitu ketika seseorang membiarkan beberapa penyakit serius yang dialami tanpa pengobatan atau control dari tenaga kesehatan professional. Hal ini yang selalu menjadi dampak utama karena dengan membiarkannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan ginjal. Penyakit yang sering menimbulkan komplikasi pada penyakit ginjal seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus tipe 1 maupun tipe 2, menyandang penyakit tumor atau bahkan kanker, terdapat kista pada ginjal, tubercollosis atau seperti penyakit lain yang pada saluran pernapasan seperti sifilis, hepatitis dan preeklampsia dan lain-lain. Nah sudah tahu sedikit apa yang menjadi penyebabnya juga berasal dari penyakit yang terkadang kita biarkan begitu saja tanpa pengobatan dan kontrol dengan tenaga kesehatan professional.

Jenis Penyakit Ginjal

Ada 3 jenis penyakit ginjal atau juga dapat disebut dengan 3 tahapan penyakit ginjal yaitu ginjal akut, ginjal kronik dan gagal ginjal. Berikut penjelasan 3 jenis penyakit ginjal :

1. Ginjal Akut
Pertama kali seseorang mengalami gangguan pada ginjalnya disebut dengan penyakit ginjal akut atau masa pre renal. Banya penyebab yang mengakibatkan terjadinya gagal ginjal akut yaitu;
  1. Ketika seseorang sedang dalam keadaan muntaber dan menimbulkan perdarahan
  2. Udema atau dikenal bengkak yang terjadi pada kaki
  3. Warna urine yang dihasilkan berwarna merah
  4. Nyeri yang sangat dasyat pada pinggang yang membuat sulit duduk bahkan berdiri dan berjalan
  5. Memiliki tekanan darah yang tidak kunjung menurun bahkan selalu meningkat
Apabila tidak segera ditangani dengan serius dan dengan baik penyakit gagal ginjal akut akan semakin parah dan naik pada tahap terakhir penyakit ginjal atau disebut dengan post renal. Pada tahap ini keadaan ginjal sudah semakin parah dengan adanya penyumbatan yang terdapat pada saluran kandung kemih yang mengakibatkan kencing batu, terdapat tumor, darah beku dan lain-lain. Penanganan yang dapat dilakukan yaitu membiasakan pola hidup sehat, berolahraga, diet sehat dan mengkonsumsi makanan yang seimbang, rendah mengandung garam.

2. Ginjal Kronis
Penyakit ginjal kronis biasanya disebabkan karena komplikasi penyakit yang sebelumnya diderita oleh seseorang dan bisa juga terjadi akibat dari efek samping obat yang mempengaruhi fungsi ginjal. Pada orang yang menyandang penyakit ini akan terlihat wajahnya yang menjadi lesu, tekanan darah akan terus meningkat, dan susah berkemih atau buang air kecil. Penanganan yang dilakukan sama dengan penyakit ginjal akut ditambah dengan mengontrol penyakit yang dapat mencetus terjadinya penyakit ginjal lakukan pengobatan dan kontrol terhadap profesi kesehatan.

3. Gagal Ginjal
Pada tahap ini merupakan tahap terakhir penyakit ginjal sebelumnya yaitu komplikasi dari setiap gejala yang diperoleh dari akut dan kronis. Penanganan pada tahap ini tidak cukup jika hanya dengan menjaga pola makan dan diet sehat. Biasanya pada tahap ini seseorang wajib melakukan hemodialisa atau dikenal dengan cuci darah minimal 3x dalam seminggu.

Nah gimana sekarang sudah tahu apa itu penyakit ginjal, penyebab dan penanganannya. Pentingnya menjaga kesehatan ginjal sejak dini supaya tidak memperburuk keadaan ginjal yang bahkan akan berakibat komplikasi seperti gagal ginjal. Sekian dulu ya daya sampaikan informasi jenis penyakit ginjal dan penanganannya semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon